Rahasia Sukses Bisnis Online Pemula

rahasia sukses bisnis online pemula

Saat ini sudah tidak aneh lagi kalau ada anak-anak yang masih remaja, tetapi memiliki penghasilan puluhan juta, ratusan juta bahkan sampai milyaran dari bisnis online. Karena selain didukung infrastruktur jaringan internet semakin baik, juga dengan semakin terbukanya informasi yang makin membuka peluang untuk memperoleh penghasilan dari internet. Selain itu juga banyak pelatihan atau training dan perusahaan-perusahaan yang mendukung anak-anak muda untuk berkembang di bisnis online. Dengan cara kerja yang sudah terpola baik berdasarkan pengalaman praktisi para Mentornya, maka rahasia sukses bisnis online pemula bisa dipelajari dan dipraktekkan dengan baik. Dan untuk Anda yang masih pemula di bisnis online, sebaiknya belajar dengan mengikuti arahan mentor yang memang praktisi di bidang ini. Karena kalau belajar sendiri selain membutuhkan waktu yang lama juga rawan untuk “tersesat” di dunia internet yang makin padat. Hal ini juga pernah saya alami sendiri, dimana saya butuh waktu lama dan membuang banyak biaya untuk hal-hal yang sebenarnya dengan mudah dapat kita peroleh dari para praktisi sekaligus mentor bisnis online. Jadi kita tinggal praktek dan mempelajari perkembangan terkini di bisnis online.

Inilah rahasia sukses bisnis online pemula

Banyak yang menekuni bisnis online yang saat ini makin pesat perkembangan dan penetrasinya. Banyak yang sudah sukses dengan hasil yang menakjubkan. Melampaui bisnis konvensional yang sudah puluhan tahun pengalamannya. Contoh paling jelas adalah Gojek. Perusahaan yang usianya masih relatif muda ini nilai valuasinya melampaui perusahaan-perusahaan bisnis lain dengan pengalaman puluhan tahun di Indonesia. Namun tidak sedikit pebisnis online pemula yang berguguran di perjalanannya. Bahkan ada yang usianya masih tergolong bulanan. Apa yang membedakan keduanya, sehingga memberikan hasil yang berbeda?

Baca juga : Belajar bisnis online tanpa modal produk sendiri

  1. Punya visi yang jelas. Sebagai pemula memang tidak mudah menemukan visi bisnis online yang akan dijalani, karena butuh pengalaman. Salah satu menimba pengalaman adalah dengan berkumpul dengan komunitas yang aktif menekuni bisnis online. Contohnya adalah Komunitas SB1M. Atau bisa juga dengan jalan magang di beberapa praktisi bisnis online yang membuka tempat magang. Selain tanpa membayar uang tunai, tempat magang ini juga baik untuk melatih mental pebisnis online yang tangguh.
  2. Punya team yang tangguh dan solid. Pekerjaan besar membutuhkan banyak orang untuk mengerjakannya. Dan yang mereka bekerja sama sudah tentu mempunyai visi yang sama agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Kalau ada perbedaan diselesaikan dengan diskusi sesuai aturan yang ditetapkan. Sehingga tidak terjadi kesimpang siuran komunikasi yang menyebabkan perpecahan. Di bisnis online ini bisa saja untuk bekerja sendiri. Tetapi hasilnya tentu akan terbatas. Karena kemampuan satu orang sudah tentu ada batasnya dibandingkan kemampuan banyak orang dalam satu team yang kuat.
  3. Ada kepemimpinan yang kuat dan membumi. Pemimpin yang mendapat amanah untuk membawa bisnis online ini harus orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang membumi. Yang bisa diterima setiap orang di dalam team. Mempunyai semangat dan kemampuan membawa team memberikan kemampuan maksimalnya. Pola kepemimpinan ini harus dimiliki setiap orang yang menekuni bisnis online. Baik yang bekerja sendiri maupun yang bekerja secara team.
  4. Konsisten. Bekerja sendiri atau bekerja dengan team tidak boleh mengabaikan konsistensi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Disinilah peran pemimpin diperlukan, agar team yang bekerja selalu konsisten dalam mencapai target. Karena bisa saja didalam pencapaian target ada kendala. Namun tidak akan mengubah target yang ditetapkan. Yang boleh berubah hanya cara mencapai targetnya. Ini adalah hal terpenting semua pebisnis online. Boleh dibilang inilah rahasia sukses bisnis online pemula yang harus dijadikan panduan.
  5. Evaluasi. Setiap waktu tertentu wajib hukumnya untuk diadakan evaluasi atas pekerjaan yang telah dilakukan. Dengan adanya evaluasi ini akan terbaca apakah semuanya masih sesuai jalur atau ada penyimpangan. Juga dengan evaluasi akan dapat diketahui kondisi terkini yang bila perlu diadakan perubahan strategi pencapaian target. Termasuk dalam hal ini perubahan komposisi anggota team bila dianggap perlu. Tidak boleh ada yang dianggap sakral untuk diubah kecuali target.

Demikian rahasia sukses bisnis online pemula yang sebenarnya bukan rahasia. Karena sudah banyak diterapkan di bisnis konvensional juga. Hanya sekarang media tempurnya berubah ke online.

Baca juga : Cara mengembangkan bisnis online dan ofline

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.