Resep Keripik Tempe Renyah

Resep keripik tempe renyah banyak dicari, karena memang keistimewaan keripik tempe adalah pada kerenyahannya. Selain tentu saja rasanya yang gurih dari kedelai dan bumbunya. Lebih menariknya lagi karena keripik tempe ini bisa disajikan kapan saja. Dinikmati kapan saja. Sebagai teman makan dan sebagai camilan. Juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh yang menyenangkan penerimanya. Namun sebagaimana produk yang diolahnya melalui proses digoreng tentu ada waktu untuk tetap renyah. Sehingga perlu cara agar kerenyahan ini tahan lama. Seperti yang sudah dipraktekkan oleh para pengusaha keripik tempe yang ada di kota Malang Jawa Timur.

resep keripik tempe renyah

 

Inilah resep keripik tempe renyah yang bisa dicoba.

Resep dasar untuk membuat keripik tempe yang renyah adalah pada penggunaan tepung beras dan tapioka. Selain tentu saja pada bahan bakunya, yaitu tempe yang masih baru dan teksturnya padat. Karena dengan tempe yang baru aroma tempenya menjadi enak. Beda kalau tempe yang sudah agak lama yang baunya kalau dalam istilah Jawa ‘semlangit”. Dan tempe yang bertekstur padat juga memudahkan dalam proses pengirisan yang tipis. Karena tidak mudah hancur. Untuk memperoleh kerenyahan yang tidak keras bisa ditambahkan telur dalam adonan pencelup. Tapi kalau terlalu banyak telur akan menyebabkan mudah melempem. Jadi harus hati-hati juga. Sedangkan untuk menguatkan aroma bisa ditambahkan daun jeruk atau bahan lain seperti kencur misalnya. Tergantung selera yang akan menikmatinya.

Tidak ada resep yang baku. Semua tergantung siapa yang akan menikmati produk keripik tempe itu nantinya. Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan uji coba resep keripik tempe renyah yang lain.  Demikian juga ukuran keripik tempenya. Silakan berkreasi sesuai selera. Sesuai kebutuhan. Berikut kami sajikan resep keripik tempe renyah yang sudah kami uji coba dan hasilnya memuaskan.

 

BAHAN UTAMA :

Tempe yang teksturnya padat. Beratnya sekitar 500 – 600 gram

BAHAN PENCELUP :

  • 300 gram Tepung beras
  • 75 gram Tapioka
  • 1 butir Telor
  • 3 siung Bawang putih (bisa ditambah jika suka)
  • 1 sdt Ketumbar bubuk
  • 3 butir Kemiri
  • 8 lembar Daun jeruk, dirajang halus
  • 2 sachet Kaldu bubuk rasa ayam (kami pakai Royco)
  • 1 sdt Garam (tambahkan kalau kurang asin)
  • 420 ml Air (atur sesuai kekentalan yang diinginkan)

CARA BUAT :

  1. Iris tempe dengan ketebalan sekitar 1 mm. Tingkat ketebalan ini mempengaruhi kecepatan penggorengan dan kerenyahan hasil akhir keripik tempe.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri dan ketumbar bubuk. Sisihkan.
  3. Campur tepung beras dan te[ung tapioka.
  4. Masukkan telor, bumbu halus, daun jeruk yang sudah dirajang, kaldu bubuk dan garam ke dalam tepung.
  5. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Atur kekentalannya. Kalau adonannya agak encer, maka hasilnya keripik tempe yang renyah dan tidak tebal. Demikian sebaliknya.
  6. Siapkan penggorengan dengan minyak banyak. Panaskan dengan api sedang. Suhu sekitar 160 ⁰C.
  7. Untuk memperoleh hasil keripik yang bagus dilakukan dua kali penggorengan. Celupkan tempe kedalam adonan dan masukkan kedalam penggorengan.
  8. Goreng sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  9. Lakukan proses menggoreng berikutnya sampai setengah matang. Kemudian masukkan keripik yang sedang ditiriskan sebelumnya. Lanjutkan menggoreng sampai diperoleh keripik tempe yang kering sempurna. Renyah dan tidak gosong.
  10. Keripik didinginkan sebelum dikemas untuk dijual atau disajikan untuk konsumsi sendiri.

 

TIPS :

  1. Selalu lakukan pengadukan adonan sebelum mencelupkan tempe, karena adonan mudah mengendap.
  2. Gunakan tempe yang masih baru agar aromanya enak.
  3. Bersihkan minyak dari sisa-sisa adonan sebelum menggoreng, supaya tidak mempengaruhi warna dan rasa keripik.
  4. Pengemasan dilakukan saat kripik tempe sudah mulai dingin. Tapi jangan terlambat ya. Karena akan melempem nanti.
  5. Bisa ditambahkan sedikit soda kue kedalam adonan untuk menambah kerenyahan.

Video tutorial bisa disaksikan dibawah ini :

 

Peluang usaha dengan resep keripik tempe renyah.

Walaupun keripik tempe ini sudah lama dikenal dan sudah banyak juga yang membuat, tapi sampai saat ini peminatnya selalu bertambah. Apalagi dengan perubahan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata yang semakin meningkat. Sehingga peluang usaha membuat oleh-oleh keripik tempe ini masih terbuka lebar. Hasil yang akan didapat juga cukup menggiurkan.Tergantung kreatifitas pembuatnya saja supaya hasil produksinya menarik minat pembeli.

Kreatifitas dalam pembuatan oleh-oleh keripik tempe ini bisa dikembangkan dari sisi rasa dan kemasan. Dari sisi rasa ini yang sangat utama. Karena kalau rasanya sesuai dengan minat pembeli, maka akan mengundang mereka menjadi alat promosi produk itu sendiri. Pengembangan varian rasa saat ini lebih mudah. Karena banyak produk pembantu seperti bumbu tabur yang mempunyai puluhan varian rasa. Tinggal dipilih mana saja yang disukai pembeli. Tentu saja ini melalui tahap uji coba langsung ke pembeli.

Baca juga : Resep Puding Puyo Untuk Jualan

Sedangkan dari sisi kemasan adalah yang pertama kali harus diperhatikan. Ibaratnya diantara sekian kali kita bertemu dengan orang, maka kita akan lebih tertarik yang punya penampilan fisik menarik, Atau kemasan penampilan mereka menarik. Sebelum mengenal mereka lebih jauh. Demikian juga dengan kemasan produk keripik tempe ini. Harus diupayakan mempunyai kemasan yang paling menarik diantara sekian banyak produk jika ditampilkan bersama. Jangan ragu-ragu untuk menggunakan jasa perancang kemasan yang profesional. Karena mereka memang sudah dilatih dan terlatih untuk hal ini. Ingatlah bahwa kalau biaya dan usaha yang Anda keluarkan akan kembali dengan cepat, kalau produk Anda disukai pembeli. Dan yang pertama kali akan jadi pilihan adalah kalau kemasannya menarik. Sebelum mereka mencoba rasanya.

 

Salam.

Jarot BS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.