Resep Kue Bikang Mawar Berserat

resep kue bikang mawar berserat

Resep Kue Bikang Mawar Berserat yang biasa kita beli di pasar atau di toko-toko kue ternyata memerlukan ketrampilan khusus saat membuatnya. Walaupun sudah mengikuti resep yang diberikan, namun tetap saja memerlukan beberapa kali latihan agar hasilnya tidak bantat. Kuenya menampilkan serat-serat yang menarik dan yang jelas rasa serta aromanya membuat lidah ini ingin segera mengecapnya.

Praktek Resep Kue Bikang Mawar Berserat

Sebenarnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue bikang relatif sama saja. Ciri khas bahan utamanya adalah tepung beras dengan aroma santan beraroma daun jeruk yang memikat. Kemudian untuk mengikatnya digunakan tepung tapioka yang bisa ditambahkan terigu. Juga agar kalau dimakan tidak susah menelannya kalau menggunakan tapioka dan atau terigu. Sedangkan untuk rasa dan aromanya ditambahkan gula, santan, vanili dan bahan-bahan lainnya. Kalau perpaduan bahan ini diramu dengan tepat serta dimasak dengan benar, maka hasilnya adalah kue bikang yang secara penampilan menarik dan secara rasa memuaskan penikmatnya.

Kue bikang ini biasanya dijual berdampingan dengan kue pukis yang dalam resepnya juga menggunakan santan, sehingga secara rasa dan aroma masih nyambung. Untuk perkembangannya sendiri saat ini bahan santan dalam resep kue bikang mawar berserat ada yang menggantikannya dengan susu. Tentu saja rasa dan aromanya akan memberikan variasi yang juga berbeda yang Anda juga bisa mencobanya.

Baca juga : Resep kue pukis untuk jualan

Resep Kue Bikang Mawar Berserat

Bahan A (didihkan semua)

  • 250 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 3 lembar daun jeruk

Bahan B

  • 400 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu

Bahan C

  • 600 ml santan kanil panas
  • sejumput garam

Olesan

  • 100 ml santan kanil kental dan panas, dicampur dengan sejumput¬†garam

Bahan lain

  • pasta atau pewarna sesuai selera

Cara Buat :

  1. Didihkan bahan A, lalu dinginkan. Saring dan buang remah-remah daunnya.
  2. Pada mangkuk mikser, campur bahan B dengan bahan A lalu kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur. Anda juga bisa mengocok dengan Whisk jika tidak ada mikser,
  3. Masukkan bahan C sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan sedang selama 30 menit.
  4. Ambil sedikit adonan, beri pasta atau pewarna makanan sesuai selera.
  5. Panaskan loyang dengan api sedang, lalu tuang adonan hingga 3/4 loyang. Beri adonan berwarna sekitar 1-2 sdt, kemudian panggang hingga matang dan serat terbentuk.
  6. Olesi dengan bahan olesan, lalu angkat dengan cara dicungkil sampai membentuk mawar.

Tips :

  1. Loyang hanya dioles pada awalnya saja, selanjutnya tidak perlu. Supaya tidak lengket, bisa juga menggunakan putih telur dituang di cetakan sampai matang.
  2. Suhu loyang harus BENAR BENAR PANAS. Saat dituangi adonan akan mengeluarkan suara berdesis. Kalau kurang panas kuenya akan bantat dan tidak akan terbentuk sarang.
  3. Loyang JANGAN DITUTUP.
  4. Gunakan API SEDANG cenderung kecil untuk memanggangnya.

Baca juga : Peluang usaha resep ayam Popcorn ala KFC
– Kegiatan setelah pensiun yang produktif

 

Video Resep Kue Bikang Mawar Berserat dapat disaksikan di bawah ini :

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.