Resep Kue Souffle Pancake Jepang

Jajanan dengan resep kue souffle pancake Jepang ini sudah cukup lama beredar. Biasanya disajikan di toko-toko atau outlet kelas atas. Sehingga harganya relatif mahal. Sehingga tidak banyak yang bisa menikmatinya. Namun dengan kreatifitas dalam otak-atik resep dan ukuran kue, akhirnya mulai muncul pengusaha kuliner yang menjualnya dengan harga ekonomis. Dan rupanya masyarakat menyambut baik ide ini. Antara lain seperti yang dijual di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang. Pembeli sampai antri cukup lama untuk bisa menikmatinya.

resep kue souffle pancake jepang

Kue Souffle Pancake

Biasanya pancake atau panekuk dikenal sebagai kue dadar dari bahan terigu, gula, susu dan telur. Ditambahkan juga bahan pengembang seperti baking powder, baking soda atau pun ragi. Dalam penyajiannya sering diberi saus yang biasanya berasa manis seperti sirup maple, selai strawberry atau madu. Bisa juga dengan tambahan keju, irisan daging dan yang lainnya. Tergantung selera yang menikmatinya.

Dalam pengembangannya tercipta berbagai varian pancake di berbagai wilayah. Menyesuaikan selera penduduk setempat. Dan yang saat ini sedang banyak peminat dan penikmatnya adalah souffle pancake ala Jepang. Penampilan kue ini berbeda dari ukurannya. Nampak lebih besar dan lebih lembut. Karena metode pembuatannya juga ada perbedaan. Yang jelas teksturnya yang sangat lembut sangat terasa di lidah. Ditambah dengan dengan pilihan aneka topping membuatnya makin terasa istimewa. Yang sudah mencobanya dapat dipastikan jadi ketagihan. Ingin mencoba lagi dan lagi.

Resep Kue Souffle Pancake Jepang

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue souffle pancake jepang ini mudah didapat di sekitar kita. Banyak menggunakan telur yang dibutuhkan agar mendapatkan tekstur yang lembut dan mengembang.

Bahan:

  • 76 gram gula pasir
  • 36 gram (ml) air
  • perasan air jeruk lemon, sesuai selera
  • 2 kuning telur
  • 75 gram tepung terigu
  • 4 sdm mentega cair
  • 2 sdt ekstrak vanila (bisa diganti dengan 2 sachet bubuk vanillie atau sesuai selera)
  • 2 sdt baking powder (4.2g)
  • 4 sdm susu full cream
  • 6 putih telur

Bahan topping :

  • gula halus
  • ice cream
  • whipped cream
  • bubuk coklat, matcha dan lain-lain.

Cara Buat Kue Souffle Pancake Jepang

Peralatan yang dibutuhkan adalah :

  • Mixer dengan mangkoknya (mixer duduk). Kalau menggunakan mixer tangan (hand mixer) berarti harus menyiapkan mangkok tersendiri untuk mencampur adonan.
  • Pancake pan. Atau bisa juga menggunakan wajan datar untuk membuat roti bakar.

wajan datar bulat

  • Tutup stainless steel atau alumunium yang digunakan untuk menutup kue saat dipanggang.
Gambar cetakan donat
  • Cetakan donat dari stainless steel dengan ukuran 10 x 6 atau 10 x 4 cm.
  • Kompor gas atau bisa pakai kompor induksi.
  • Kertas roti yang dipotong untuk melapisi bagian dalam cetakan donat. Ketinggiannya harus melebihi tinggi cetakan. Misalnya tinggi cetakan 6 cm, maka ketinggian kertasnya 7 atau 8 cm.
  • Plastik segitiga (opsional). Fungsinya untuk menuangkan adonan ke cetakan.
  • Spatula plastik.

Cara buat :

  1. Siapkan mangkok kecil untuk membuat adonan A, yaitu campuran gula dan perasan lemon.
  2. Masukkan gula dan air perasan lemon. Lalu aduk rata.
  3. Siapkan mangkok yang lebih besar untuk membuat adonan B.
  4. Masukkan kuning telur, terigu, ekstrak vanilla, baking powder, mentega cair, susu kemudian aduk rata dengan whisk.
  5. Siapkan mixer. Lalu tuang putih telur dan aduk dengan kecepatan rendah. Sambil mengaduk, masukkan juga campuran gula dan perasan lemon yang sudah dibuat sebelumnya. Pengadukan sampai adonan putih telurnya kaku berjejak.
  6. Masukkan kocokan putih telur secara bertahap ke adonan B sambil diaduk dengan whisk. Pencampuran ini harus benar-benar rata. Karena akan sangat berpengaruh ke tekstur kue dan rasanya. Sehingga dibutuhkan kesabaran dan kecermatan.
  7. Siapkan pan untuk memanggang. Oleskan butter atau margarin. Lalu taruh cetakan donat diatasnya. Lapisi cetakan donat dengan kertas roti. Kertas roti diolesi butter dulu di bagian dalamnya.
  8. Tuangi dengan adonan yang sudah dibuat. Penuangan bisa dengan menggunakan bantuan plastik segitiga. Atau bisa juga langsung dituang kalau memang sudah mahir. Yang penting penuangan ke cetakan harus rata. Supaya teksturnya tegak rata sama sisi.
  9. Tutup adonan yang sedang dipanggang.
  10. Panas api sekitar 80°C. Panggang selama 25 menit.
  11. Angkat kue. Olesi pan dengan butter.
  12. Kue dibalik dan dipanggang lagi selama 25 menit.
  13. Setelah matang maka cetakan donat bisa dilepas. Kertas roti yang menempel di kue juga bisa dilepas.
  14. Sajikan dengan tambahan topping yang dikehendaki.

Peluang Bisnis

Peluang bisnis untuk resep kue souffle pancake Jepang ini sangat bagus. Khususnya untuk yang kemasannya kecil dan harganya ekonomis. Sehingga bisa dijangkau oleh kalangan yang lebih luas. Apalagi bisa disajikan dengan aneka topping yang menarik kalangan muda.

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Bisa dengan memanfaatkan alat-alat yang sudah dimiliki. Kalau kemudian usaha berkembang baru dibeli alat-alat yang baru dan memang cocok untuk jualan dalam jumlah besar.

Tempat jualan bisa dimulai dari rumah saja. Penawaran juga saat ini semakin mudah dengan media internet. Baik dilakukan melalui media sosial, website, marketplace dan aplikasi berbagi gambar dan video seperti Instagram, Youtube, Tik Tok dan yang lainnya.

Sebelum mulai berjualan pastikan produk yang akan dijual memang kualitasnya bagus. Juga bikin kangen. Lakukan uji coba rasa ke saudara, tetangga dan orang lain yang tidak dikenal. Ambil dan catat semua masukan dan kritik. Tidak perlu baper kalau ada yang berusaha menjatuhkan. Jika secara data menunjukkan bahwa rasa dan kemasannya bisa diterima, maka segeralah berjualan. Nanti kalau ada kekurangan bisa diperbaiki sambil jalan.

Salam.

Baca juga : Resep Wingko Babat Enak dan Empuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.