Resep Long Potato Dengan Tepung Kentang

resep long potato dengan tepung kentang
Gambar Ilustrasi : Penjual dan Pembeli Long Potato di Taiwan

Resep Long Potato dengan tepung kentang saat ini paling banyak digunakan para Penjual. Karena selain praktis juga kualitasnya relatif stabil jika dibandingkan dengan menggunakan kentang segar. Apalagi dari sisi harga juga tidak lebih mahal lho, Bahkan bisa dibilang lebih murah, karena memiliki daya simpan yang lebih baik. Tapi sebelum membahas resepnya, apakah Anda tahu apa itu long potato?

Apa itu Long Potato?

Berdasarkan sumber yang terekam di media sosial, jajanan long potato ini beberapa tahun sebelumnya telah populer di negara-negara Taiwan dan Jepang. Kemudian menyebar ke beberapa negara dengan cepat. Termasuk ke Indonesia. Keistimewaannya adalah pada bentuknya yang panjang. Bahkan sampai 5 kali lipat dari kentang goreng yang biasa kita makan. Rasanya juga enak. Dan dapat disajikan dengan beberapa variasi topping. Sehingga dapat memenuhi selera lebih banyak kalangan.

Memang ada sebagian orang menyebut long potato ini dengan Monster Fries. Sehingga saat disebutkan jajanan long potato mereka bilang tidak tahu. Tapi setelah ditunjukkan wujudnya barulah mereka paham. Bahkan saat ini muncul istilah baru yaitu Super Potato Crunch. Padahal wujudnya ya sama saja. Hanya panjangnya relatif lebih pendek. Menyesuaikan dengan wadah atau kemasannya. Dan ada satu perbedaan lagi. Yaitu pada toppingnya yang variasinya lebih beragam. Misalnya dengan menambahkan saus coklat. Padahal biasanya adalah saus mayonaise, saus sambal dan bumbu tabur saja.

Resep Long Potato Dengan Tepung Kentang

resep long potato dengan tepung kentang 01

 

Penggunaan tepung kentang untuk resep pembuatan long potato, memang sudah dari awal munculnya jajanan ini. Karena memang sangat praktis digunakan untuk membuat adonannya. Tinggal dicampur dengan bahan pendukung yang lain. Lalu ditambahkan air. Diaduk sebentar. Sudah jadi adonan yang siap dicetak.

Hal ini tentu akan lebih banyak pekerjaan kalau harus menggunakan kentang segar. Tahapan atau proses yang dikerjakan akan lebih banyak. Yaitu harus mengukus atau merebusnya terlebih dahulu. Ditunggu sampai agak dingin. Dikupas kulitnya. Kemudian baru dilembutkan. Setelah itu dicampur bahan lainnya supaya bisa dicetak dan digoreng. Juga penggunaan kentang segar ini membutuhkan penyimpanan yang lebih rumit. Karena sifatnya yang mudah busuk.

Resep long potato dengan tepung kentang ada beberapa variasi. Tapi secara umum terdiri dari tepung kentang, bahan pengikat seperti maizena, terigu, pati kentang atau potato starch, terigu dan tapioka. Kemudian ditambahkan bumbu penyedap seperti vetsin, misalnya merek Ajinomoto, sasa dan sejenisnya. Tak lupa ditambahkan garam untuk lebih mantap rasanya. Kadang-kadang ada juga yang ditambahkan lada atau merica serta keju. Resep yang digunakan pabrik besar sudah tentu berbeda dengan yang digunakan pedagang kaki lima. Kalau yang digunakan pabrik bahan-bahannya lebih banyak dan hasilnya juga lebih baik secara tampilan, tekstur dan rasa. Oleh karena itu harga jualnya lebih mahal. Sehingga lebih banyak dimanfaatkan untuk jualan long potato di mall atau tempat lain yang konsumennya menengah keatas.

Resep Long Potato Variasi ke-1 silakan KLIK DISINI

Resep Long Potato Variasi ke-2 silakan KLIK DISINI

Resep Long Potato Variasi ala PAPATOS silakan KLIK DISINI

Peluang Usaha Long Potato

Peluang usaha long potato saat ini masih terbuka luas. Masih banyak daerah yang orang-orangnya mencari jajanan ini, Tapi penjualnya tidak ada. Jadi potensi pembelinya sudah tersedia. Tinggal siapa saja yang berniat mengambil peluang ini untuk mewujudkannya. Bahkan untuk daerah-daerah perkotaan yang relatif banyak penjual jajanan dengan variasi yang beragam, juga masih belum banyak yang menjualnya. Jarak antar pedagang jajanan long potato ini cukup jauh. Tidak semua wilayah perumahan ada yang menjual jajanan ini.

Kalau berjualan di mall-mall memang masih terkendala kebijakan pemerintah yang membatasi kunjungan ke area tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat pengunjung mall akan kembali seperti sebelumnya. Memang berjualan di mall butuh biaya dan usaha yang lebihbanyak. Tetapi harga jualnya juga jauh lebih baik. Dan orang-orang yang pergi ke mall sudah tentu berniat membeli. Jadi uangnya sudah ada. Tinggal bagaimana mempromosikan dan melayani dengan baik saja.

Untuk yang memiliki keahlian dan modal cukup tentu terbuka peluang untuk membuat waralaba long potato. Walaupun pengusaha waralaba long potato sudah ada, tetapi jumlahnya tidak banyak. Apalagi yang secara manajemen sudah profesional. Sangat jarang ditemui. Kesan ini saya tangkap dari beberapa orang yang sudah mengambil waralaba dari suatu merek. Namun kurang mendapat dukungan dalam pengembangannya. Nah kalau Anda bisa memberikan solusi ini tentu akan sangat menarik banyak orang untuk mengambil waralaba Anda tersebut.

Perhitungan Bisnis Long Potato

Dengan mengambil contoh resep long potato variasi ke -2, mari kita hitung berapa modal dasar dan harga jual tiap resepnya.

  • Tepung kentang 1 kg = Rp 51.000,- => harga per resep (  80  gram) = Rp 4.000 ,-
  • Maizena 1 kg = Rp 17.000,- => harga per resep ( 25 gram) = Rp 400 ,-
  • Penyedap rasa dan Garam per resep = Rp 100 ,-
  • Minyak goreng = Rp 500 ,-
  • Topping = Rp 500 ,-
  • Kemasan = Rp 700.-

Total = Rp 6.200 ,-

Harga jual Rp 12.000 ,-

Margin = Rp 5.800 ,-

Jika kita mampu menjual 30 resep per hari maka setidaknya akan diperoleh margin : 30 x 5.800 = Rp 150.000 ,- .

Cukup baik sebagai peluang usaha yang layak untuk dijalankan.

Baca juga : Jual Tepung Kentang di Shopee

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.