Resep Wingko Babat Enak Dan Empuk

Resep Wingko Babat Enak dan Empuk ini adalah resep yang saya gunakan untuk jualan. Banyak yang suka. Karena selain rasanya yang legit, juga karena teksturnya yang lembut. Tidak keras seperti yang biasa pelanggan kami rasakan. Walaupun kami mengerti kenapa Wingko Babat yang keras itu dibuat. Tapi kami lebih memilih produk yang memang diinginkan pembeli. Bukan sekedar alasan teknis semata.

resep wingko babat enak dan empuk

 

Sekilas tentang Wingko Babat.

Walaupun berasal dari daerah Babat kota Lamongan, namun Wingko lebih populer diproduksi dan diedarkan di kota Semarang. Sehingga banyak yang mengira kalau kue ini berasal dari kota Semarang. Apalagi banyak pelancong yang membawanya sebagai oleh-oleh saat berkunjung di kota ini. Jadi makin banyak yang mengira kalau asalnya dari kota Semarang. Tapi itu tidak masalah. Karena yang penting adalah keberadaan kue ini yang memang disukai banyak orang. Dan mampu memberikan penghasilan yang cukup dan bahkan berlebih bagi pembuatnya.

Perpaduan kelapa, tepung beras ketan dan gula serta dengan penyeimbang garam memberikan rasa yang khas. Apalagi disantap saat bersantai dengan ditemani secangkir kopi atau teh. Hmmm sungguh nikmat. Inilah yang membuat banyak orang ingin membawanya sebagai oleh-oleh bagi kerabatnya di kota lain. Dan untuk keperluan itu, maka supaya awet, lalu kue wingko ini dibuat agak keras. Tapi tetap enak dan legit rasanya. Karena pembuatnya tetap mempertahankan hanya menggunakan bahan yang alami saja. Tanpa pengawet makanan.

Untuk mereka yang menyukai tekstur yang empuk bisa saja dengan memanggangnya tidak sampai terlalu kering. Dan itu bisa diatur dari teknik pemanggangan kue wingko. Contohnya adalah resep wingko babat enak dan empuk yang kami buat. Dan terbukti disukai pembeli yang akhirnya jadi pelanggan kami.

Baca juga : Peluang Usaha Pisang Nugget Crispy

Resep Wingko Babat Enak dan Empuk,

Bahan :

  • 500 gram Kelapa muda, diparut kasar
  • 250 gram Tepung beras ketan
  • 250 gram Gula pasir
  • 50 gram Margarin
  • 1 butir Telur
  • 1,5 sdt Garam halus
  • 1 sachet Vanili bubuk
  • 150 ml Air

Cara buat :

  1. Campur semua bahan. Kemudian aduk rata dengan menggunakan Mixer atau bisa juga dengan pakai tangan saja. Yang penting harus rata.
  2. Siapkan cetakan kue lumpur. Panaskan dengan api kecil.
  3. Olesi dengan margarin di awal saja. Selanjutnya tidak perlu.
  4. Jika sudah hangat lalu isi masing-masing lubang dengan 60 gram adonan atau sesuai selera. Tutup cetakan jika sudah terisi.
  5. Jika bagian pinggir sudah agak mengeras, segera balik isinya supaya bisa merata permukaan sebaliknya. Tunggu sampai agak kecoklatan.
  6. Jika bagian bawah sudah agak kecoklatan segera balik kembali. Tunggu sampai matang. Cetakan tidak perlu ditutup.
  7. Jika sudah matang segera angkat dan lanjutkan mencetak sampai adonan habis.

Resep ini bisa menghasilkan 23 kue Wingko Babat.

Tips :

  1. Pastikan api kecil supaya kadar air pada kue wingko babat menjadi sedikit. Sehingga lebih awet jika sudah matang.
  2. Kue Wingko Babat ini bisa juga dibuat tanpa cetakan khusus. Atau bisa juga dengan cetakan yang lebih besar.
  3. Untuk mematangkan bisa juga dengan menggunakan Oven.
  4. Kalau untuk dijual buatlah kemasan yang menarik, supaya membedakan dengan yang lain

Video cara buatnya bisa dilihat dibawah ini:

Peluang usaha dengan resep wingko babat enak dan empuk.

Kalau Anda mencari peluang usaha dengan modal kecil dan ada potensi pasarnya, silakan mencoba mempraktekkan resep wingko babat enak dan empuk ini.

Perhitungan Bisnis

  • 500 gram Kelapa muda = Rp. 16.000,-
  • 250 gram Tepung beras ketan = Rp. 12.500,-
  • 250 gram Gula pasir = Rp 3.500,-
  • 50 gram Margarin = Rp 3000 ,-
  • 1 butir Telur = Rp 1.700,-
  • 1,5 sdt Garam halus + 1 sachet Vanili bubuk = Rp 100,-
  • Air + Gas = Rp 1.000,-

Total = Rp 37.800,-.

Jika dengan satu resep diatas bisa dibuat 23 kue, maka tiap biji harganya = Rp 1.643,- >> Rp 1.650,-.

Anda bisa menjualnya seharga Rp 3.000,- per biji. Atau kalau dengan sistem titip jual bisa diberikan harga Rp 2.500,- ke pedagang eceran.

Jika sehari bisa laku 100  biji dengan dijual sendiri, maka Anda bisa memperoleh keuntungan Rp 135.000,- per hari. Lumayan bukan?

Bagaimana supaya bisa menghasilkan penghasilan yang banyak?

Caranya adalah dengan membuka banyak saluran penjualan, baik secara offline maupun online. Untuk belajar cara menjual secara online bisa belajar di link berikut ini : https://tinyurl.com/joinbisnisonline

Saya sudah membuktikannya sendiri. Dengan menjual produk-produk unggulan saya secara online sanggup meningkatkan pendapatan secara nyata.

 

Semoga menginspirasi.

 

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.