Tips Sukses Bisnis Online Dropship

tips sukses bisnis online dropship

Sistem dropship banyak diminati para pemula di bisnis online. Mahasiswa, anak-anak sekolah menengah, ibu-ibu rumah tangga, dan pekerja kantoran pun banyak yang menggelutinya. Banyak alasan mengapa sistem dropship disukai, antara lain karena sistemnya sederhana, modal relatif kecil, resiko penumpukan stok barang tidak ada, tidak banyak menyita waktu, sebagai jembatan membangun brand sendiri, dan berbagai alasan lain. Namun kederhanaan sistem bukan berarti harus dikerjakan dengan sembarangan, karena bisnis apapun selalu menuntut profesionalitas pelakunya. Memenuhi harapan pelanggan, memberikan produk berkualitas, berkomunikasi yang baik, rapi dalam pencatatan keuangan dan berbagai hal yang terkait pengembangan usaha harus dikerjakan dengan benar. Dan kalau diuraikan akan menjadi panjang dan terlihat tidak sesederhana yang dipikirkan. Tentu saja uraian panjang itu tidak berada di awal berbisnis online. Tetapi setelah bisnisnya berkembang. Dan kalau bisnis online dropship ini dikerjakan dengan serius akan memberikan hasil yang cukup atau bahkan sangat besar. Oleh karena itu ada baiknya disimak tips sukses bisnis online dropship berikut ini.

Tips Sukses Bisnis Online Dropship Bagi Pemula

Mudah dihubungi alias gampang diajak komunikasi.

Orang Indonesia pada masih banyak yang ingin ngobrol dulu sebelum memutuskan membeli barang secara online. Jadi pastikan Anda mudah dihubungi, ramah dan menggunakan bahasa yang sama dengan calon pembeli produk Anda. Walaupun penjelasan produk dan harganya sudah lengkap tertulis di website, namun banyak yang tidak membacanya. Mereka hanya mencari nomor kontak dan menghubungi nomor tersebut dan menanyakan hal-hal yang sudah ada di situs jualan kita.

Mempunyai rekening bank.

Untuk memudahkan pembayaran, Anda harus memiliki rekening bank. Lebih baik lagi rekening tersebut memiliki fasilitas e-banking dan m-banking. Rekening yang banyak dipakai untuk transaksi online antara lain BCA, BRI, Mandiri dan BNI. Buatlah satu rekening yang paling banyak digunakan dan fasilitasnya lengkap seperti BCA. Kalau dana mencukupi Anda bisa menambah rekening bank yang lain. Karena semakin memudahkan pelanggan, maka Anda makin disukai.

Diluar sistem pembayaran via bank, ada juga pembayaran via Alfamart, Indomaret dan beberapa alat pembayaran lain seperti DOKU, Paypal, Payoneer dan lain-lain.

Pemilihan Produk.

Pilihlah produk yang banyak dicari dengan mengadakan riset dulu di Facebook, Kaskus, Instagram dan media sosial lainnya. Ketikkan nama produk yang ingin dijual, dan lihat berapa banyak yang mencarinya. Jika cukup banyak dan yang masih terbuka peluang untuk menjual, maka mulailah menjual produk tersebut. Cari juga data produk di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Tips sukses bisnis online dropship menyarankan agar dalam pemilihan produk ini jangan menuruti selera Anda sendiri, tetapi harus sesuai selera pembeli. Karena akan lebih mudah menjual barang yang dicari orang dari pada mencari pembeli dari barang yang ingin kita jual.

Produk tidak harus yang sedang trend, tetapi bisa juga produk unik yang ada pencarinya namun penjualnya tidak banyak. Misalnya produk kimia makanan, tepung kentang dan berbagai produk unik lainnya.

Kalau Anda ingin menjual produk yang sudah umum, seperti kemeja misalnya, maka harus yang kelihatan spesial. Contohnya “kemeja sutra dengan desain ala kerajaan X”.

Untuk satu toko online, pilihlah satu jenis produk saja dengan banyak variasi . Misalkan produk kecantikan yang item nya cukup banyak. Mulai dari bedak, lipstick, eyeliner, whitening cream, sabun muka, serum dan masih banyak lagi. Belum lagi variasi mereknya baik lokal maupun impor. Dengan bermain di satu jenis produk, Anda dapat membangun brand yang jelas.

Kalau ingin bermain di banyak jenis produk, Anda harus memiliki toko online yang khusus untuk tiap jenisnya. Apakah kalau satu toko online dengan multi produk tidak bisa sukses?
Bisa juga kok. Biasanya ini untuk yang jualannya menggunakan iklan untuk tiap item produknya. Jadi pembeli memang hanya fokus ke satu produk yang dicarinya saja.

Mencari dan menentukan Supplier.

Dalam sistem dropship yang akan Anda jalankan, proses pencarian dan penentuan supplier sangat penting. Tidak hanya persoalan kualitas barang dan harga saja, tetapi juga mengenai pengemasan dan kecepatan pengiriman barang. Disamping itu juga mengenai kejujuran supplier terhadap proses bisnis dropship ini.

Saat ini tempat mencari supplier paling populer adalah di marketplace Tokopedia. Karena variasinya paling banyak dan bisa di filter berdasarkan lokasi penjual, nilai atau rating penjual, harga termurah, penjualan terbanyak dan proses transaksi yang relatif mudah.

Baca juga : Cara Mencari Supllier yang Terpercaya Untuk Bisnis Online

Disamping Tokopedia ada juga Bukalapak, Shopee, Lazada, Elevenia, Blibli dan beberapa lainnya. Bandingkan saja mana yang secara harga dan pelayanan paling bagus. Jangan terpaku hanya pada satu tempat saja.

Tips sukses bisnis online dropship memberikan cara terbaik untuk mengetahui kualitas barang, pelayanan dan kepercayaan adalah dengan mencoba membeli di supplier yang kita pilih. Anda kirim ke diri sendiri dengan nama dropshiper nya adalah toko online Anda sendiri. Jika supplier nya jujur, maka dia akan mengirim sesuai instruksi kita. Kalau tidak jujur dia akan mengirim atas nama dia sendiri. Sehingga pelanggan kita nantinya juga akan diambil oleh dia.

Kalau dana Anda terbatas dan tidak memungkinkan untuk melakukan uji coba seperti itu, berarti hanya bisa mengikuti review dari pembeli yang sebelumnya. Nanti dengan beberapa kali pembelian akan kelihatan apakah supplier tersebut memang layak dipilih atau tidak.

Untuk memilih supplier melalui media lain seperti melalui mesin pencari dan media sosial prosesnya kurang lebih sama.

Menentukan media jualan.

Media tempat  berjualan tergantung produk dan pembelinya. Ada produk yang cocok dijual melalui website atau toko online tapi tidak cocok untuk dijual di media sosial. Demikan juga sebaliknya bisa laku keras di media sosial, tetapi sedikit terjual di website. Tidak ada rumus yang pasti tentang media jualan ini, kecuali dengan mencobanya langsung dan mengevaluasinya secara rutin.

Untuk menjual melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Google+, Twitter dan yang lain sangat dianjurkan menampilkan juga foto profil pribadi. Dengan adanya foto profil yang bersangkutan akan menambah kepercayaan calon pembeli. Tidak sekedar foto profil saja, tetapi juga foto aktivitas sehari-hari. Sehingga kesannya alami. Tidak dibuat-buat.

Membuat website untuk berjualan tidak harus yang berbayar, namun bisa juga yang gratisan. Misalnya dengan menggunakan wordpress, blogspot, weebly, whatpad dan masih banyak lagi yang menyediakan fasilitas gratisnya. Saya sendiri membuat website gratisan untuk salah satu produk saya yang sampai saat ini berfungsi sangat baik. Bahkan menempati ranking atas daftar pencarian Google untuk kata kunci “jual tepung kentang”.

Baca juga : Membuat Toko Online Gratis Dengan WordPress

Menentukan harga jual.

Rumus membuat harga jual tergantung tingkat kompetisi produk. Untuk produk-produk kosmetik bisa cukup tinggi margin yang diambil. Misalkan  harga dari supplier 100 ribu,maka bisa kita jual antara 150 ribu sampai 200 ribu.

Untuk produk-produk yang tingkat kompetisinya cukup tinggi tentu saja marginnya tidak bisa tinggi. Misalkan hijab yang modelnya biasa dibeli dengan harga 50 ribu, maka paling dijual 60 ribu, atau kalau beruntung bisa dijual 80 ribu. Tentu saja ini tergantung rejeki masing-masing orang. Karena ada juga yang mampu menjualnya dengan harga 100 ribu atau lebih.

Jangan terpaku pada keuntungan per buah. Fokuslah pada kecepatan penjualan untuk produk-produk yang perubahan trend nya cepat atau produk sekali pakai yang butuh perputaran cepat. Misalkan produk kemasan yang dibutuhkan setiap hari tentu tidak bisa tinggi marginnya dibanding produk kosmetik yang lama habisnya.

Pelayanan kepada pembeli.

Untuk hal yang satu ini Anda harus mencoba memposisikan diri sebagai pembeli. Berpikirlah sebagai pembeli. Apa yang diinginkan dan dibutuhkan pembeli. Penuhilah keiinginan dan kebutuhan pembeli sebaik mungkin. Maka Anda akan menjadi penjual atau toko favorit yang dicari pembeli. Tentu saja pelayanan ini tidak melampaui kewajaran, sehingga bisa merugikan disuatu saat.

Walaupun Anda tidak melakukan pengemasan dan pengiriman barang, tetapi Anda harus memantaunya. Memastikan barang pesanan tersebut sampai ke tangan pembeli dengan baik dan cepat.

Jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada Pembeli dan Supplier Anda. Dan jangan lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pemurah.

Meningkatkan kapasitas.

Bisnis dropship kalau dilakukan dengan benar akan dapat memberikan keuntungan yang sangat bagus. Tapi ini semua ada batasnya, yaitu Anda tidak bisa mengontrol kualitas dan kepastian pengiriman yang merupakan wewenang supplier. Oleh karena itu kalau keuntungan sudah cukup banyak, secara bertahap Anda bisa naik sebagai Reseller. Selain lebih bisa mengontrol ketersediaan barang juga sebagai Reseller keuntungan yang diambil akan lebih banyak.

Demikian tips sukses bisnis online dropship ini diuraikan. Bisa jadi saat Anda baca ada hal-hal yang perlu diperbarui, karena perkembangan bisnis online yang sangat cepat. Tapi pada prinsipnya relatif tetap.

 

Salam.

Jarot BS – 0912 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.