Usaha Barang Bekas Yang Menguntungkan

usaha barang bekas yang menguntungkan

Usaha yang satu ini memang terkesan tidak bergengsi. Terkesan kumuh dan kotor. Apalagi kalau yang dilihat adalah yang skala kecil. Benar-benar seperti tidak ada harganya. Tapi…. tahukah Anda kalau usaha yang satu ini bisa menjadi rebutan banyak pihak, kalau tahu bagaimana peluangnya? Ya ..itu adalah usaha BARANG BEKAS. Tidak sembarang usaha barang bekas. Tapi usaha barang bekas yang menguntungkan. Bahkan nilai transaksinya sampai milyaran.

Baca juga : Cara Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

Bagaimana Memulai Usaha Barang Bekas Yang Menguntungkan?

Semua jenis usaha tidak akan lepas dari hukum supply and demand. Usaha barang bekas yang menguntungkan berawal dari adanya kebutuhan (demand), yang ditangkap oleh orang-orang tertentu dan menjadikannya sebagai lahan bisnis. Dan mereka membentuk saluran pasokan (supply) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam kebutuhan sehari-hari dapat kita lihat, seperti misalnya adanya kebutuhan furnitur yang murah tapi tidak terkesan murahan. Nah… kebutuhan ini diwujudkan menjadi pembuatan furnitur dari kayu bekas yang diolah menjadi furnitur dengan sentuhan yang menarik. Ada juga pembuatan boneka dari kain bekas, pembuatan keset kain, pembuatan lampu hias unik dan lain-lain.

Dalam skala yang lebih besar kita sering lihat para pemulung plastik dan kardus bekas di wilayah kita. Mereka adalah bagian dari industri daur ulang yang nilainya sangat besar. Para pemulung ini bergabung dengan Pelapak yang mempunyai pangkalan untuk menyortir barang dan menyetorkannya ke Pabrik pengolahan plastik atau kardus. Setiap pelapak mempunyai puluhan Pemulung yang bergabung di tempat mereka. Dan satu pabrik mempunyai pemasok barang bekas dari puluhan Pelapak. Dalam satu kota bisa ada beberapa pabrik yang mengandalkan bahan bakunya dari barang bekas ini. Jadi bisa dibayangkan berapa nilai usaha barang bekas yang menguntungkan ini. Apalagi kalau bahan bekasnya adalah logam seperti tembaga, stainless steel dan lain-lain. Maka nilainya akan makin tinggi.

Walaupun kelihatan sepele untuk jenis barang bekas tertentu seperti besi, kayu dan lain-lain tidak mudah untuk dimasuki orang baru. Mereka sudah punya komunitas atau jaringan yang kuat untuk menghambat masuknya orang baru di usaha barang bekas yang menguntungkan ini. Jadi kalau masuk harus menjalin hubungan dan komunikasi yang intensif agar mendapat kepercayaan dari pemain lama di bisnis ini. Belum lagi untuk mengenal usaha ini juga butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit. Karena banyak yang mengincarnya, maka otomatis banyak juga kemungkinan orang dengan niat jahat yang siap memangsa orang baru. Maka bersikap merendah dan hati-hati adalah sikap terbaik agar tidak terjerumus atau dijerumuskan. Lakukanlah pengamatan dan pemetaan terlebih dahulu terhadap bisnis dan para pemain lama. Anda bisa melakukan dari orang-orang yang terbawah dulu. Lakukan pendekatan untuk mencari informasi paling akurat. Baru setelah mempunyai data yang cukup kuat silkan memulai usaha barang bekas yang menguntungkan ini, sambil tetap melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang diambil.

Bergabung Dengan Kelompok Usaha Barang Bekas Yang Menguntungkan

Kalau Anda kecil maka bergabunglah dengan yang besar. Jangan melawan. Jangan membuat masalah. Pelajari kekuatan mereka yang sudah besar. Karena mereka yang sudah besar itu dulunya juga kecil. Amati dan pelajari siapa saja yang mendukung mereka. Amati dan pelajari juga siapa yang menjadi kompetitor mereka. Dengan berjalannya waktu dan terus konsisten mengembangkan usaha, maka secara alami Anda juga akan menjadi kekuatan yang besar di dalam usaha barang bekas yang menguntungkan ini.

Baca juga : Kelebihan Bisnis Online Shop

Teruslah rendah hati dan bekerja dengan keyakinan dan perencanaan yang hati-hati Dan jangan lupakan juga untuk menghargai orang-orang yang membantu Anda menuju kesuksesan. Karena orang-orang terdekat adalah orang yang dapat membuat Anda jadi besar sekaligus dapat membuat Anda hancur.

Semoga sukses menuju puncak.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018

Leave a Reply

Your email address will not be published.