Usaha Online Yang Menguntungkan

usaha online yang menguntungkan

Usaha online yang menguntungkan memang menjadi tujuan akhir yang diharapkan. Buat apa susah-susah buat usaha kalau tidak mendapatkan keuntungan. Dan untuk mencapai keuntungan, maka harus dibuat langkah-langkah strategis dalam pencapaiannya.

Memilih usaha online yang menguntungkan

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih usaha online yang menguntungkan. Terutama bagi pemula. Apalagi modalnya terbatas. Sehingga harus sangat berhati-hati saat melakukan riset awal dan saat melaksanakan rencana yang telah dibuat.

Hal-hal berikut bisa dijadikan panduan agar tidak menderita kerugian. Atau kalau belum bisa mendapatkan keuntungan masih bisa memulai lagi.

Baca juga : Kiat sukses bisnis online di Instagram

Mengukur kemampuan diri

Selalu dan selalu lah mengukur kemampuan diri dalam hal keahlian atau skill dan permodalan. Saat ini permodalan tidak hanya berkisar soal uang dan materi, namun juga jaringan pertemanan dan jaringan kerja.

Kalau memiliki keahlian yang mumpuni di bidang yang berkaitan dengan usaha online yang menguntungkan sudah merupakan modal yang sangat berharga. Keahlian itu seperti :

  • cara membuat blog atau website,
  • cara mengoptimasi website, media sosial dan messenger,
  • cara menulis artikel yang sesuai kriteria mesin pencari dan pembaca,
  • cara buat iklan,
  • dan lain-lain

Untuk permodalan antara lain :

  • berapa dana segar yang saat ini dimiliki, termasuk yang akan didapat beberapa waktu ke depan,
  • apa saja perangkat yang telah dimiliki, seperti HP, laptop, kamera
  • produk siap jual yang ada antara lain, :barang baru dan atau bekas, jasa dan produk digital.
  • data pemasok produk yang sudah pasti

Menyesuaikan cara dan tempat jualan dengan produk yang dipilih

Sebagai pintu masuk untuk usaha online yang menguntungkan bisa melalui marketplace, media sosial dan blog gratisan. Dipilih saja mana yang sudah bisa dilakukan. Misalkan baru bisa bermain di media sosial seperti Facebook atau Instagram, coba saja untuk menawarkan produknya disana. Gunakan bahasa penawaran sendiri sambil belajar membuat bahasa penawaran yang lebih baik nantinya. Yang penting jalan dulu. Kalau sudah bisa buat video, coba buat video produk dan diupload di Youtube kemudian di share di Facebook, Twitter dan Instagram. Anda juga bisa memulai di forum atau situs jual beli seperti Kaskus, OLX, Jualo dan lain-lain.

Untuk menawarkan produk di media sosial harus ada jeda antara postingan status biasa (bukan jualan) dan postingan untuk jualan. Supaya orang tidak bosan. Juga menghindari banned dari Facebook yang melarang jualan di akun pribadi. Kalau mau postingan yang aman bisa di Fanpage milik Facebook.

Untuk memulaiĀ usaha online yang menguntungkan di marketplace harus disiapkan foto-foto produk yang menarik, uraian spesifikasi produk dan harga yang bersaing. Keunggulan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain adalah trafiknya yang tinggi, sehingga tidak perlu direpotkan masalah mencari pengunjung. Cuma persaingan untuk produk yang umum sangat tinggi. Kecuali produk yang dijual khusus dan sedikit suppliernya, sehingga harga masih bisa dimainkan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Produk yang dijual juga bisa baru atau bekas. Dan menariknya adalah tidak direpotkan dengan chat dari pembeli. Tinggal secara rutin melihat toko online untuk memeriksa pesanan dan mengurusi pengiriman saja.

Kalau ingin lebih luas lagi, Anda bisa membuat website atau blog khusus untuk berjualan online. Baik website gratisan maupun berbayar. Tentu saja dengan sedikit belajar cara pembuatannya, maka hal ini akan bisa dikuasai. Contohnya adalah produk tepung kentang yang saya jual. Saya membuat blog khusus yang gratisan, membuat postingan di website berbayar, membuat Fanpage dan video Youtube. Dan akhirnya mudah ditemukan dan menghasilkan penjualan yang bagus. Ketika Anda ketik kata kunci “jual tepung kentang”, maka blog gratisan saya (https://juragantepungkentang.wordpress.com)akan muncul di urutan teratas halaman 1 Google.

Memilih produk jualan

Anda bisa memulai usaha online yang menguntungkan dengan produk yang sudah dipunyai. Bisa barang baru, bisa juga barang bekas. Kalau Anda sudah punya usaha konvensional, misalnya toko buku, maka tinggal menjual buku tersebut secara online. Atau bisa juga dengan berjualan barang bekas milik sendiri atau milik saudara, tetangga atauĀ  kenalan yang lain. Kalau bukan milik sendiri buat perjanjian yang tidak memberatkan. Misalnya harga jual boleh Anda atur, atau tanpa uang muka dan seterusnya.

Buatlah foto-foto yang menarik. Buat uraian produk yang jelas dan jujur. Jangan menyembunyikan kekurangan, karena untuk jangka panjang kejujuran sangat dibutuhkan. Untuk usaha online yang menguntungkan harus dibangun reputasi yang baik.

Karena orang Indonesia suka menawar harga, maka beri ruang untuk melakukan negosiasi harga. Yang penting Anda masih dapat memperoleh keuntungan yang memadai.

Untuk produk yang memang baru akan dibeli sebagai stok jualan, carilah yang memang dibutuhkan masyarakat. Bukan produk Anda pilih berdasarkan feeling atau kira-kira saja. Anda bisa mencari informasinya di Google, Facebook dan media lain tentang produk yang banyak dicari. Kalau Anda tidak mempunyai modal untuk kulakan, pilihlah sistem dropship. Cari produk yang sedang laku di marketplace kemudian tawarkan melalui website dan media sosial yang Anda kelola.

Baca juga : Tips sukses bisnis online dropship

Evaluasi

Setiap usaha apapun harus dievaluasi. Hal ini penting untuk mengetahui apakah pelaksanaannya sudah kearah yang benar atau belum. Dan evaluasi dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan waktu atau tahapan. Dengan demikian kalau ada yang kurang tepat bisa segera diperbaiki, sehingga tidak mengganggu pencapaian target.

Berdasarkan hasil evaluasi, strategi pencapaian target boleh berubah, namun tidak boleh menggeser targetnya. Demikian halnya untuk mencapai target usaha online yang menguntungkan. Tidak sedikit yang mengesampingkan tahapan evaluasi ini, yaitu dengan tidak melakukan pencatatan kegiatannya. Dan akhirnya tidak diketahui apakah usahanya untung atau buntung. Padahal penjualan yang banyak belum tentu menguntungkan secara bisnis.

 

Salam,

Jarot BS – 0812 8894 7018


YUK BELAJAR USAHA ONLINE YANG MENGUNTUNGKAN

usaha online yang menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.